HUT ke-58, DPD Partai Golkar Taput Bantu 6 Gereja di Pusat Gempa

Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara FL Fernando Simanjuntak SH MH menyampaikan rasa haru mendalam saat menyaksikan kerusakan gereja dan rumah penduduk di Kecamatan Parmonangan dan Pagaran pusat gempa 1 Oktober 2022 lalu.

topmetro.news – Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara FL Fernando Simanjuntak SH MH menyampaikan rasa haru mendalam saat menyaksikan kerusakan gereja dan rumah penduduk di Kecamatan Parmonangan dan Pagaran pusat gempa 1 Oktober 2022 lalu.

Pernyataan itu ia sampaikan saat saat menyerahkan bantuan, Jumat (21/10/2022), kepada lima gereja di Kecamatan Parmonangan. Masing-masing HKBP Sisordak 10 sak, HKBP Simargalung 10 sak, GPI Sigurung Gurung 10 sak, GKPI Lobusunut 10 sak, dan HKBP Hau Ganjang 10 sak. Kemudian di Kecamatan Pagaran kepada GPdI Simamora Hasibuan 20 sak.

Fernando mengatakan, karena keprihatinan yang terjadi dampak gempa di Tapanuli Utara, Peringatan HUT Partai Golkar ke 58 berlangsung dengan bakti sosial. Yakni, mengunjungi masyarakat terdampak bencana dan menyerahkan bantuan kepada gereja.

Tak Melihat Sekte

“Saya tidak dapat menggambarkan bagaimana bapak ibu menghadapi peristiwa ini. Tetapi saya menjurkan agar bapak ibu dan kita seluruhnya tetap bersyukur kepada Tuhan karena tidak ada korban jiwa. Kita juga tetap bersyukur walaupun Tuhan menjadikan gempa selalu berdampingan dengan kita masyarakat Tapanuli Utara dan kita tetap waspada dan tidak panik. Kami tidak melihat sekte gereja. Partai Golkar adalah bagian dari kehidupan masyarakat. Itulah sebabnya kami datang mengunjungi saudara-saudara kami di sini. Bantuan ini murni dari kader Partai Golkar Taput dan anggota Fraksi yang ada di DPRD Tapunuli Utara,” ujar Fernando.

“Saya berharap bantuan yang tidak seberapa ini dapat menjadi persembahan untuk kemuliaan Tuhan. Dan berkat untuk jemaat masing-masing,” lanjutnya.

Mengganti Jalan Santai

Ketua Panitia Bakti Sosial Peduli Kasih HUT ke-58 Partai Golkar Ronal Simanjuntak ST melaporkan, secata nasional seyogyanya perayaan berlangsung dengan jalan santai massal. Juga berbagai kegiatan lain dan hiburan.

“Namun DPD Partai Golkar Taput dalam situasi keprihatinan bencana gempa bumi. Diputuskan untuk mengganti kegiatan dengan kunjungan peduli kasih dan memberikan bantuan sekadarnya,” ujar Ronal.

Ia pun bermohon bantuan itu tidak dilihat dari nilainya. Tetapi dari keikhlasan Partai Golkar yang hadir di tengah masyarakat.

Rombongan Peduli Kasih DPD Partai Golkar Taput itu mengunjungi enam gereja dengan iring-iringan kendaraan roda empat dan truk, menyusur jalan desa. Naik turun gunung di bawah panduan Pimpinan Kecamatan Pagaran Rijon Manalu STh bersama kader partai setempat.

Ikut dalam rombongan, Wakil Ketua OKK Harry Lumbatobing, Wakil Ketua Bappilu Tohom Lumbatobing, Hetty Hutauruk (Ketua KPPG), Krimson Siregar, Wasek Bappilu Jansen Simanjuntak.

Ada juga Hara Hutabarat mewakili Ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Tarutung, jurnalis senior Marudut Nainggolan, dan lainnya.

Datangkan Sukacita

Mewakili jemaat, Pdt Johnryola O Sunggu, Sekretaris Jemaat GPdI St Parsaoran Purba, bersama Lasmaria Silaban dan Abdil Purba menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan bantuan Partai Golkar.

Ia mengatakan, Partai Golkar telah mendatangkan sukacita besar kepada jemaat GPfI setempat. “Tohoma hamu tutu Partai Golkar. Partai na mengayom jala peduli tu masyarakat. Semoga kehadiran Partai Golkar semakin dirasakan masyarakat Indonesia terutama Tapanui Utara. Mohon dukungan doa agar kami dapat membangun kembali rumah Tuhan ini. Mohon maaf atas penerimaan yang sangat sederhana. Kami berdoa agar kehadiran Golkar menjadi kebesaran nama Tuhan,” sebut St Parsaoran Purba.

Hal senada disampaikan warga jemaat penerima bantuan di Kecamatan Parmonangan HKBP Sisordak Desa Simamora. Mewakili Pdt Resort Saorlina Sinaga, bantuan diterima St W Manalu bersama St S Silaban.

“Dipargogoi Tuhanma hamu. Ditiroi hamu asa adong pangalualuan nami paturehon hutanta Tapanuli Utara,” sebut W Manalu.

Pernyataan serupa juga datang dari Pengurus GPI Sigurung Gurung Desa Lobusunut, St Marala Anton Manalu dan Jonni Manalu. Mewakili Pdt Dulles Hutahaean dan warga HKBP Simargalung Desa Hutatinggi Dusun Sinargalun St Victor Pandiangan, St Rajes Nanalu, St Halasson Pandiangan.

Di GKPI Lobusunut, yang menerima bantuan adalah Vorghager Johansen Manalu bersama Sabar Manalu dan warga jemaat lainnya.

Terakhir sekira pukul 17.45 WIB bantuan sampai ke HKBP Hauganjang. Di mana yang menerima adalah St Bangun Tamba, dan St Tohom Simatupang. “Jayalah Partai Golkar melaksanakan seluruh program kerjanya di Indonesia dan Tapanuli Utara,” sebut St Bangun Tamba.

Rombongan kemudian tiba kembali di Taruting pukul 20.00 WIB.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment